banner pemprove sulsel
banner pemkot makassar 2024
iklan PDAM Pemkot Makassar

Wakil Rektor II Unismuh, Prof Andis Terpilih Jadi Unsur Ketua PP Ikatan Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

waktu baca 2 menit

Cirebon, SuaraLidik.com – Wakil Rektor II Unismuh Makassar, Prof. Dr. H. Andi Sukri Syamsuri, M.Hum, terpilih menjadi salah satu unsur Ketua Pengurus Pusat Ikatan Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (IKAPROBSI) periode 2023-2028, membidangi Pengembangan Usaha, pada Musyawarah Nasional ke-5, yang digelar Jumat-Sabtu (20-21) Januari 2023, di Auditorium Universitas Swadaya Gunung Jati, Cirebon, Jawa Barat.

Pada Munas ke-5 ini, terpilih sebagai Ketua Umum IKAPROBSI, Prof Dr. Sarwiji Suwandi, Guru Besar Universitas Negeri Surakarta Solo yang juga Kepala Penjaminan Mutu UNS.

Dalam sambutannya, Prof. Dr. Sarwiji berharap PP IKAPROBSI dapat menjalankan amanah organisasi ini termasuk membangun kemitraan dengan berbagai lembaga seperti Badan Bahasa, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dan lembagan lainnya.

Saat ini kurang lebih 300 program studi pendidikan bahasa dan sastra Indonesia baik di perguruan tinggi dibawah naungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan maupun di Kementerian Agama RI.

Dari jumlah prodi tersebut, ada dua ribu lebih dosen prodi bahasa, dan hal ini menjadi perhatian bersama.

’’Kolaborasi dan sinergi di IKAPROBSI akan kita bangun secara kuat dengan balai bahasa, UPT-UPT dan terkait lainnya. Intinya, akan mendukung sinergitas dan diharapkan mampu memberi kemanfaatan atau kemaslahatan bangsa” tegas Prof. Sarwidji Suwandi.

Selain itu, ia juga menghimbau pengurus tidak bisa bekerja dengan baik tanpa dukungan teman pengurus untuk bersama mewujudkan program kerja dgn indikator mengimplementasikan dan mencapai target yang sudah ditetapkan sesuai bidangnya, seperti bidang penguatan mutu prodi, sumber daya manusia, penelitian dan publikasi ilmiah.

Silaturahmi ini merupakan satu momentum untuk membangun mutu pendidikan, khususnya mutu prodi pendidikan bahasa dan sastra Indonesia, dan ini sebagai ikhtiar bersama.

“Munas kali ini menjadi jalan, arah atau komitmen bersama membangun mutu pendidikan,” katanya.

Peserta Munas ke 5 ini, dihadiri utusan Perguruan Tinggi dari Universitas Syiah Kuala Banda Aceh hingga Universitas Cendarawasih kurang lebih 100 orang, termasuk peserta dari Unismuh Makassar, yakni Prof. Dr. Munira, M.Pd (Kaprodi S2 Pendidikan Bahasa Indonesia ) dan Dr. Andi Paidah, S.Pd., M.Pd (Kaprodi S1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia).

Turut hadiri dalam dalam pelantikan pengurus baru dan seminar adalah Ketua Dewan Pembina Prof. Dr. Suparno (UM), Prof. Dr. Endry Boeriswati (UNJ), Prof. Dr. E Aminuddin Aziz ( Kepala Badan Bahasa) Dewan Pengawas Prof. Dr. Khairil Anshari (Unimed), Prof. Dr. Fathur Rokhman (Unnes), Prof. Dadang (UPI Bandung), Prof. Dr. Jumadi (ULM).

Munas ke 5 ini dirangkaikan dengan seminar nasional dan Prof. Dr. Andi Syukri Susuri M.Hum tampil selaku pembawa makalah dengan judul, Peranan Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia di Era Vuca.(***)


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

perhapmi
perhapmi