banner pemprove sulsel
banner pemkot makassar 2024
iklan PDAM Pemkot Makassar

Tingkatkan Kinerja Guru, SMPN 19 Makassar Laksanakan Supervisi Akademik

waktu baca 2 menit

Makassar, SuaraLidik.com – UPT SPF SMPN 19 Makassar terus berkomitmen untuk meningkatkan kinerja guru di sekolah.

Maka dari itu, SMPN 19 Makassar melaksanakan Supervisi Akademik dengan Paradigma Berpikir Coaching oleh Komunitas Belajar (Kombel) Sipakainga.

Selain laksanakan Supervisi Akademik, SMPN 19 Makassar juga menggelar Sosialisasi Penggunaan Aplikasi Video Pembelajaran Dalam Meningkatkan Kinerja Guru dari Erlangga.

Kegiatan ini dilaksanakan, Kamis (23/05/2024) mulai pukul 08.00 – 14.00 Wita dan dihadiri oleh seluruh guru di sekolah.

Bertindak sebagai pemateri Supervisi Akademik, Kepala SMPN 19 Makassar, Kasim, S.Pd, M.Pd dan pemateri Paradigma Coaching, Pak Ramli, S.Pd, M.Pd, Gr yang merupakan guru penggerak.

Dalam sambutannya, Kasim menyampaikan bahwa kegiatan ini sebagai penguatan dalam meningkatkan kinerja guru melalui supervisi akademik yang berlandaskan coaching (pembinaan).

“Kegiatan ini dilaksanakan agar guru dapat saling membangun kerjasama dan saling mendukung dalam evaluasi proses pembelajaran, menerapkan prinsip coaching kepada sesama guru dan siswa,” jelas Kasim, Sabtu (25/05/2024).

Selain itu, Kasim juga tak lupa mengatakan supervisi akademik tidak lagi menerapkan konsep yang konvensional, yang bisa menakutkan bagi guru.

“Justru sebaliknya dengan prinsip coaching, guru akan terbantu mengembangkan dirinya secara mandiri,” ujarnya.

Sementara, pemateri paradigma coaching, Ramli memberikan tips kepada guru agar dapat saling mengembangkan diri saat proses coaching, yaitu dengan hadir secara penuh kepada lawan bicara, aktif mendengarkan dan memberikan pertanyaan yang berbobot dengan rasa.

“Jadi kami lebih banyak memberikan giat-giat agar pada guru lebih aktif mendengarkan dan memberikan pertanyaan,” pungkasnya.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

perhapmi
perhapmi