banner pemprove sulsel
banner pemkot makassar 2024
iklan PDAM Pemkot Makassar

Jelang Lebaran 2024, Pemerintah dan Korlantas Polri Antisipasi Kepadatan Arus Mudik

waktu baca 1 menit
Hari Raya Idul Fitri diprediksi jatuh pada 10 April, Kemenhub perkirakan 193 juta orang mudik lebaran tahun 2024||Foto:instagram@mudik_id

Pemerintah Prediksi Hari Raya Idulfitri 2024 Jatuh pada 10 April

JAKARTA, SUARALIDIK – Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK), Muhadjir Effendy, mengumumkan bahwa Hari Raya Idulfitri 2024 diperkirakan akan jatuh pada tanggal 10 April.

Pernyataan ini disampaikannya kepada wartawan setelah menghadiri Rapat Koordinasi Lintas Sektoral Operasi Ketupat 2024 pada Senin, 25 Maret.

Dengan prediksi tersebut, puncak arus mudik Idulfitri 2024 diprediksi akan terjadi selama tiga hari mulai dari 5 April. Arus balik juga diprediksi berlangsung selama tiga hari, dengan perkiraan tanggal kembalinya masyarakat pada 13 April.

“Puncak mudik diperkirakan akan terjadi tanggal 5 sampai 8 April 2024,” ungkap Muhadjir.

Sementara itu, terkait arus mudik, Korlantas Polri dan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memperkirakan sebanyak 193,6 juta masyarakat akan pulang ke kampung halamannya pada momen Lebaran 2024, dengan mayoritas pemudik menuju Jawa Tengah.

“Dari daerah tujuan pemudik, Jawa Tengah menjadi yang paling banyak, hampir 61,6 juta jiwa,” kata Direktur Penegakkan Hukum Korlantas Polri, Brigjen Raden Slamet.

Prediksi tersebut juga menunjukkan bahwa Jawa Timur menjadi daerah kedua yang menjadi tujuan pemudik dengan perkiraan 37 juta orang, diikuti oleh Jawa Barat dengan 32 juta orang, Daerah Istimewa Yogyakarta dengan 11 juta orang, dan DKI Jakarta dengan 6,4 juta orang.

Untuk mengatasi kepadatan lalu lintas selama arus mudik Idulfitri 2024, Korlantas Polri akan menerapkan berbagai rekayasa lalu lintas seperti contraflow, one way, dan ganjil-genap. ***


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

perhapmi
perhapmi