banner pemprove sulsel
banner pemkot makassar 2024
iklan PDAM Pemkot Makassar

12 Capaian Gubernur Andi Sudirman di Bidang Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah

waktu baca 2 menit
Gubernur Andalan Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman.

Makassar, SuaraLidik.com – Gubernur Sulawesi Selaran, Andi Sudirman Sulaiman berhasil mencatatkan beberapa prestasi di bidang Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah.

Sekretaris Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappelitbangda) Sulsel, Anggriani, ST, MT mengatakan ada 12 prestasi mentereng di era Gubernur Andi Sudirman.

Salah satunya berhasil membawa Pemprov Sulsel masuk 10 besar Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD).

Penghargaan ini merupakan bentuk apresiasi dari pemerintah pusat kepada pemerintah daerah atas prestasi dalam menghasilkan perencanaan yang berkualitas dan mencapai target-target pembangunan daerah.

“Provinsi Sulsel masuk tahap ketiga PPD 2022. Dan ini pertama kalinya kita masuk dalam 10 besar (lolos tahap selanjutnya) PPD,” kata Anggriani, Kamis (31/08/2023).

Dalam penghargaan yang dilaksanakan sejak tahun 2011 itu, Pemprov Sulsel berada pada posisi 10 besar terbaik Tingkat Nasional dalam Penyusunan Dokumen Perencanaan (RKPD).

Masih dalam penghargaan yang sama, komitmen Gubernur Andi Sudirman untuk menghadirkan pembangunan yang berkelanjutan mendapatkan penghargaan khusus PPD bidang ekonomi hijau dan rendah karbon tahun 2022.

Penghargaan lainnya juga diberikan pemerintah pusat kepada kebijakan Gubenur Sulsel dalam pengendalian pandemi Covid-19.

“Pemprov Sulsel mendapat Piagam Penghargaan Terbaik ke III Lomba Inovasi Daerah Tatanan Normal Baru Produktif dan Aman Covid-19 Sektor Pasar Traditional, Hotel dan Tempat Wisata,” jelas Anggriani.

Di sektor kesehatan, masalah stunting dan gizi buruk juga jadi konsen Andi Sudirman Sulaiman. Terbukti angka stunting Sulsel mengalami penurunan beberapa tahun ini.

“Angka stunting Sulsel turun 8,4 persen dari 35,6 persen Tahun 2018 menjadi 27,2 persen di tahun 2022. Dan mendapatkan penghargaan dari Kemendagri,” ungkapnya.(*)

Berikut capaian Gubernur Andi Sudirman dalam bidang Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah :

  1. Penghargaan Pembangunan Daerah Tahun 2022, berada pada posisi 10 besar terbaik Tingkat Nasional dalam Penyusunan Dokumen Perencanaan (RKPD)
  2. Penghargaan khusus PPD bidang ekonomi hijau dan rendah karbon tahun 2022.
  3. Piagam Penghargaan Terbaik ke III Lomba Inovasi Daerah Tatanan Normal Baru Produktif dan Aman Covid-19 Sektor Pasar Traditional, Hotel dan Tempat Wisata.
  4. Piagam penghargaan Pembangunan Daerah tahun 2021 Kategori Perencanaan dan Pancapaian.
  5. Penghargaan 12 Besar Pembangunan Daerah Tahun 2023 Kategori perencanaan dan Pencapaian Daerah tingkat Provinsi.
  6. Top 30 Inovasi Pelayanan Publik (Percepatan Penanganan Anak Tidak Sekolag Berbasis Aksi Kolaborasi).
  7. Terciptanya Konsistensi Perencanaan dan Penganggaran Pembangunan Daerah Sebesar 99,6%.
  8. Angka Stunting Provinsi Sulsel Turun 8,4% dari 35,6 % Tahun 2018 menjadi 27,2 % Tahun 2022.
  9. Penghargaan dari Menteri Dalam Negeri melalui Dirjen Bina Pembangunan Daerah atas Penyelenggaraan Penilaian Kinerja 8 Aksi Percepatan Penurunan Stunting Tahun 2021 (2022).
  10. Provinsi Sulsel merupakan Provinsi pertama yang meluncurkan Buku Pedoman Komunikasi Perubahan Perilaku Percepatan Penurunan Stunting kerjasama UNICEF dan Pemprov Sulsel (2023).
  11. Penghargaan sebagai Pemerintah Provinsi sangat innovatif pada Innovative Government Award (IGA).
  12. Perhargaan 1 dekade (2010-2020) pelaporan aksi PRK melalui platform AKSARA.

Loading


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

perhapmi
perhapmi