banner pemprove sulsel
banner pemkot makassar 2024
iklan PDAM Pemkot Makassar

Gelar Rapat, MKKS SMA Kota Makassar Bahas Penerapan Aplikasi TPP dan PPDB 2023

waktu baca 2 menit
Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMA Kota Makassar, Melaksanakan Rapat di SMAN 2 Makassar, Kamis 15 Juni 2023.

Makassar, SuaraLidik.com – Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMA Kota Makassar melaksanakan rapat di SMAN 2 Makassar, Kamis (15/06/2023).

Selalu Ketua MKKS SMA Kota Makassar, H. Syafruddin memimpin rapat dan dihadiri Kepala UPT SMA Negeri se-Kota Makassar.

Saat ditemui, H. Syafruddin menyampaikan bahwa pelaksanaan rapat hari ini kami membahas beberapa hal, yaitu terkait dengan Penerapan Aplikasi TPP dan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2023.

Terkait PPDB, H. Syafruddin mengatakan dengan adanya perubahan kita harus memiliki persepsi yang sama, dimana mulai hari Senin akan dimulai tahapan verifikasi faktual.

“Jadi kami ingatkan kepada teman-teman kepala sekolah untuk menjaga integritas verifikatornya, agar sesuai dengan juknis dan diperhatikan betul yang diinput oleh calon siswa apakah sudah benar dengan aslinya. Disitulah fungsi verifikator di sekolah,” ujarnya.

Tak lupa juga H. Syafruddin menjelaskan bahwa saat ini upload dokumen sudah dilepas, nanti verifikasi faktualnya akan dilakukan di sekolah yang mereka pilih, baik itu di pilihan pertama, kedua dan ketiga.

“Disinilah sistem yang mengatur apakah di sekolah pilihan pertama, kedua atau ketiga yang akan melakukan verifikasi faktual,” jelasnya.

“Maka dari itu kami semua sepakat untuk mengawal PPDB sesuai dengan harapan pimpinan kami Pak Kadisdik berjalan sesuai juknis,” tegas H. Syafruddin.

Kemudian dalam rapat kali ini, kami juga membahas terkait penerapan aplikasi TPP berupa absensi di sekolah.

“Kalau selama ini teman-teman ada kegiatan diluar, bagaimana prosedurnya kita memiliki SOP yang sama. Jadi dibuatkan surat tugas, supaya di TPP-nya nanti tidak bermasalah,” ungkapnya.

Tak hanya itu, H. Syafruddin yang juga Kepala UPT SMAN 2 Makassar juga mengingatkan pesan waktu kami rapat di Dinas, agar memperbaiki database guru terkait data e-Pinisi.

Misalkan ada teman guru yang pindahan dari sekolah lain, unit kerjanya masih sekolah lama. Itu nanti terkendala di TPP-nya. Dan yang paling krusial kalau ada beda satu angka saja di nomor rekening. Karena itu nanti semua data yang ada di aplikasi e-Pinisi akan ditarik ke aplikasi TPP.

“Saya hanya mengingatkan ke teman-teman, karena kebetulan saya Ketua MKKS yang ikut rapat bersama TGUPP, BKD, Diskominfo-SP Sulsel, agar membuka kembali aplikasi e-Pinisi-nya untuk melihat kalau ada yang salah maka diperbaiki. Karena itu sangat penting,” ucap H. Syafruddin.

Selain itu, kami juga membahas terkait penaikan kelas. Karena tanggal 23 Juni penerimaan rapor secara serentak. Sementara penulisan ijazah kami juga sepakati terkait teknisnya sesuai surat edaran penulisan ijazah tanggal 10 Mei 2023.

“Kalau di sekolah ada proses remedial, silahkan memanfaatkan waktu sebelum lewat tanggal 23 Juni,” pungkasnya.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

perhapmi
perhapmi